A STUDY ON STUDENTS MOTIVATION IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING USING POWTOON

SUSANTI, RIFMA ELI (2024) A STUDY ON STUDENTS MOTIVATION IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING USING POWTOON. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-IG-240012_abstrak.pdf

Download (46kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38519.html

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran berbasis digital yaitu powtoon atau video animasi 2) Mendeskripsikan persepsi siswa pada penggunaan powtoon sebagai media pembelajaran digital di pembelajaran bahasa Inggris terhadap motivasi siswa.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.Subyek penelitian adalah siswa kelas 8 SMP PGRI Kedamean, Gresik tahun ajaran 2024/2025.Instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara dan juga kuisioner.Hasil penelitian penggunaan media pembelajaran berbasis digital seperti powtoon dalam proses evaluasi pembelajaran mata pelajaran bahasa inggris dikelas 8 SMP PGRI Kedamean Gresik melalui 3 tahapan yaitu , Kegiatan Pra , Kegiatan Utama,dan kegiatan penutup.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Powtoon secara signifikan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Siswa merasa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar karena metode yang interaktif dan visual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Powtoon adalah alat yang efektif dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMP PGRI Kedamean. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan metode pembelajaran bahasa Inggris yang inovatif dan menarik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAQUARIZA, NOVI RAHMANIANIDN0714118701novirahmania@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Powtoon, Motivasi, Media.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of English Language Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 04:48
Last Modified: 08 Jul 2025 04:48
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10989

Actions (login required)

View Item View Item