PENGARUH GADGET ADDICTIVE TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

HERIANSYAH, SEKAR AYU PRAMESTI AKHBARI (2024) PENGARUH GADGET ADDICTIVE TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-TK-240031_ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38672.html

Abstract

Gadget addictive adalah salah satu perilaku ketergantungan terhadap gadget. Hal tersebut memiliki banyak dampak baik negatif maupun positif, salah satunya dampak terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gadget addictive terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Subjek penelitian ini terdiri dari 100 anak usia dini di Surabaya. Metode penelitian ini metode kolerasi. Penelitian ini mengunakan kuesioner berskala lingkret. Teknik penggumpulan data menggunakan pendoman observasi dari Screen dependency scale (SDS) dan language development scale (LDS). Berdasarkan hasil penelitian gadget addictive tidak memberikan pengaruh terhadap perkembangan bahasa anak. Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh gadget addictive terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan wawasan terhadap orang tua dan guru untuk mengelolah waktu anak bermain gadget.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFITRIYAH, FIFI KHOIRULNIDN17081137fifi@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Gadget Addictive, Anak, Taman kanak-kanak, Perkembangan Bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:00
Last Modified: 08 Jul 2025 07:00
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11004

Actions (login required)

View Item View Item