STUDY PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN PEMBELAJARAN TRADISIONAL PADA PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PKK TEGAL KODO SUKOSEWU BOJONEGORO

RATNAWATI, AULIYA RINI CAHYA (2024) STUDY PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN PEMBELAJARAN TRADISIONAL PADA PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PKK TEGAL KODO SUKOSEWU BOJONEGORO. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-TK-240036_ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-39283.html

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh kemampuan bahasa anak dengan pembelajaran kreatif dan pembelajaran tradisional. Karena ada beberapa orang tua kurang mengetauhi pross perkembangan bahasa . tujuan penelitian ini yaitu mengetauhi studi pembelajaran dan faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran kreatif dan pembelajaran tradisional pada perkembangan bahasa pada anak di TK PKK Tegalkodo Sukosewu Bojonegoro Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengaan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, daan dokumentasi. Teknok analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudin di cek kembali keabsahannya dengan menggunakan teknik triagulasi. Informan utama yang terdiri dari 3. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa pembelajaran kreatif dan tradisional pada TK PKK Tegalkodo adalah pertama tahap perencanaan yang berupa penyusunan program tahunan, program semester, RPPM, RPPH, materi ajar serta media pembelajaran dan alat-alat lainnya yang menarik pada anak dalam melaksanakan pembelajaran. Kedua, tahap pelaksanaan menggunakan media kartu, menempel huruf,panggung boneka. Tahap evaluasi berupa penilaian harian anak, catatan anekdot dan hasil karya untuk mrngetauhi perkembangan bahasa anak. Kesimpulan dari peneliti ini yaitu perbandigan pembelajaran kreatif dan pembelajaran tradisional pada perkembangan bahasa anak di TK PKK Tegalkodo diterapkanmelalui tiga tahap untuk mencapai hasil pembelajaran maksimal yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Terjadi peningkatan kemampuan bahasa anak dalam menggunakan dua pembelajaran tersebut mudah memahami adak dalam proses pembelajaran.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMACHMUDAH, MACHMUDAHNIDN0107691machmudah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kreatif,pembelajaran tradisional perkembangan bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:33
Last Modified: 08 Jul 2025 07:33
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11017

Actions (login required)

View Item View Item