ASFAR, SHAFIRA (2024) A CLASSROOM ACTION RESEARCH ON IMPROVING ENGLISH VOCABULARY FOR YOUNG LEARNERS USING TOTAL PHYSICAL RESPONSE. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-IG-240021_abstrak.pdf Download (8kB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua sangat penting bagi kemampuan bahasa dan pemahaman budaya anak usia dini. Penelitian ini berfokus pada metode Total Physical Response (TPR), yang menekankan pada koordinasi antara ucapan dan tindakan untuk memfasilitasi pembelajaran sebuah bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dilakukan dalam waktu satu bulan, setiap siklus terdiri dari 2x45 menit di mana TPR diterapkan untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa. Hasil pre-test menunjukkan kurangnya pengetahuan kosakata yang signifikan di antara para siswa, dengan sebagian besar mendapat nilai nol dan nilai tertinggi hanya 20. Post-Test 1, yang dilakukan setelah pelaksanaan siklus TPR pertama, menunjukkan peningkatan dengan skor yang berkisar antara 20 hingga 80. Dengan nilai rata-rata 89,1, sebagian besar siswa memenuhi atau melampaui indikator keberhasilan pada siklus kedua, yang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Metode TPR menekankan pada konteks penuh arti dan interaksi fisik, yang meningkatkan penguasaan kosakata sekaligus membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. Penelitian ini menegaskan bahwa TPR adalah metode yang efektif untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris di kalangan anak anak. Metode ini menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan memotivasi dengan menggabungkan aktivitas motorik dengan latihan verbal, mendukung teori kognitif dan neurologis tentang penguasaan bahasa.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kosa kata, Total Physical Response, Metode | ||||||||
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of English Language Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:45 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:45 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |