MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK SEBAGAI UPAYA MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 4 PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN KUTISARI 1 SURABAYA

ARIF, FAISAL ILHAM (2024) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK SEBAGAI UPAYA MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 4 PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN KUTISARI 1 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240037_ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38441.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 4 pada pembelajaran IPA di SDN Kutisari 1 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan triangulasi metode, yang melibatkan observasi, wawancara, dan penyebaran angket kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan perhatian, relevansi, kepercayaan diri, dan kepuasan belajar siswa. Indikator perhatian (Attention) siswa mencapai 93%, relevansi (Relevance) 94%, kepercayaan diri (Confidence) 84%, dan kepuasan (Satisfaction) 95%. Penelitian ini menjawab dua rumusan masalah utama: (1) Implementasi model pembelajaran berbasis proyek terhadap pembelajaran IPA siswa kelas 4 di SDN Kutisari 1 Surabaya berjalan dengan efektif melalui perencanaan yang matang, komunikasi yang baik dengan orang tua, dan fleksibilitas dalam pelaksanaan proyek. Guru berhasil menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan bermakna, sehingga siswa lebih termotivasi dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. (2) Gambaran motivasi belajar siswa kelas 4 SDN Kutisari 1 Surabaya dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran berbasis proyek menunjukkan positif . Siswa menunjukkan minat yang lebih besar dalam pembelajaran, partisipasi aktif, serta peningkatan pemahaman materi IPA. Selain itu, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan dalam penerapan PjBL, seperti kebutuhan akan waktu, biaya, dan kemampuan siswa dalam bekerja sama dalam kelompok. Guru yang berhasil menerapkan PjBL menggunakan strategi yang efektif untuk mengatasi tantangan tersebut. Kesimpulannya, PjBL tidak hanya meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMARIATI, PANCENIDN15121035pance_mariati@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 02:46
Last Modified: 09 Jul 2025 02:46
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11034

Actions (login required)

View Item View Item