IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN MARGOREJO 1 SURABAYA

NENGTYAS, ERIKA NOVIA (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN MARGOREJO 1 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240066_abstrak.pdf

Download (187kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38976.html

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan kurikulum sebelumnya yakni kurikulum 2013 yang telah diganti menjadi Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka merupakan Kurikulum Baru yang dibuat bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik. Pembentukan karakter tersebut didukung adanya Projek dalam kurikulum Merdeka yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi dan untuk mendeskripsikan Hambatan dan Solusi dari implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SDN Margorejo 1 Surabaya. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif yang bersikap deskriptif. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah trianggulasi data. Hasil dari penelitian Implementasi P5 di SDN Margorejo 1 Surabaya menunjukkan bahwa tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya" dengan topik "Tubuhku Sehat Jiwaku Kuat" serta dimensi berpikir kritis dan kreatif telah diterapkan dengan baik. Tema, topik, dan dimensi dipilih melalui rapat koordinasi, menyesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Dengan menggunakan dimensi Kreatif tujuan dari sekola yakni mampu menumbuhkan karakter peserta didik yang kreatif dalam menciptakan gerakan senam kreasi. Strategi yang digunakan adalah Project Based Learning (PJBL), mendorong kolaborasi, kreativitas, dan pemecahan masalah melalui kegiatan senam yang dikreasikan sendiri oleh peserta didik. Hambatan yang dialami oleh SDN Margorejo 1 Surabaya yaitu tersitanya waktu projek dengan kegiatan lainnya oleh karena itu solusi yang dilakukan oleh pihak terlibat yaitu dengan mengganti waktu projek dengan waktu pembelajaran yang lainnya serta mengintregasikan nilai-nilai pancasila dalam pembelajaran.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRAHAYU, DEWI WIDIANANIDN0715108901dewiwidiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 02:54
Last Modified: 09 Jul 2025 02:54
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11035

Actions (login required)

View Item View Item