PENGARUH MEDIA POWERPOINT DAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA SD

ANISAH, ANISAH (2024) PENGARUH MEDIA POWERPOINT DAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA SD. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240041_ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38495.html

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa SD. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan media powerpoint dan video terhadap hasil belajar IPAS pada siswa SD. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan pada Kelas V di SDN Kenjeran 248 Surabaya Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu berupa tes. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t test. Dari hasil uji hipotesis nilai t = 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif media powerpoint dan video terhadap hasil belajar IPAS pada siswa Kelas V di SDN Kenjeran 248 Surabaya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAMIN, SITI MAGHFIROTUNNIDN20071299amin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Powerpoint, Video, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:09
Last Modified: 09 Jul 2025 03:09
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11039

Actions (login required)

View Item View Item