PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN METODE GLOBAL

NADA, SHOFIA FAHMA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN METODE GLOBAL. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240072_abstrak.pdf

Download (185kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-39036.html

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang masih belum dapat membaca kelas 1 SD Negeri Kemiri Sidoarjo, kurangnya media yang digunakan adalah salah satu penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media big book yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini menggunakan model formative research yang terdiri dari 2 tahap yakni tahap preliminary (pendahuluan) dan tahap formative evaluation (self evaluation, prototyping (expert review) dan field test). Penelitian ini memerlukan 30 peserta didik untuk uji coba skala besar. Hasil penelitian diketahui bahwa media big book termasuk dalam kriteria sangat valid dengan persentase validasi materi sebesar 91,6% dan validasi media sebesar 97,2%. Keefektifan media big book didapatkan dari analisis nilai pretest dan posttest peserta didik dengan rumus n-Gain. Hasil pretest dan posttest diperoleh dengan nilai n-Gain 0,74. Kepraktisan media big book didapatkan melalui lembar angket peserta didik dengan persentase 90% dan guru dengan persentase sebesar 97%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media big book termasuk dalam kriteria sangat praktis untuk membaca awal kelas 1 Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut media big book dinyatakan efektif digunakan untuk membaca awal kelas 1 Sekolah Dasar. Dapat disimpulkan bahwa media big book untuk kegiatan membaca dengan metode global layak digunakan

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKASIYUN, SUHARMONONIDN8846999920suharmono@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media big book, Membaca, Metode global
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:50
Last Modified: 09 Jul 2025 03:50
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11050

Actions (login required)

View Item View Item