META-ANALISIS PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

NINGSIH, MARATUS SOLICHAH SEPTIA (2024) META-ANALISIS PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240076_abstrak.pdf

Download (76kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-39179.html

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sekolah dasar dari berbagai artikel penelitian. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian meta analisis. Sumber data berasal dari jurnal ilmiah yang diperoleh dari google scholar dengan kata kunci metode resitasi, hasil belajar dan Bahasa Indinesia sekolah dasar. Penelitian didesain dengan menganalisis beberapa hasil penelitian relevan dengan mecermati gain skor hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia antara pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode resitasi adalah 59,204, setelah diterapkan metode resitasi mengalami peningkatan sebeasar 86.825. Hal ini menunjukkan penggunaan metode resitasi memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDGHUFRON, SYAMSULNIDN0027096501syamsulghufron@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode resitasi, hasil belajar, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 04:28
Last Modified: 09 Jul 2025 04:28
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11059

Actions (login required)

View Item View Item