PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI TEMA 9 SUBTEMA 1 MATERI TATA SURYA

AZIZAH, NAILA NUR (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI TEMA 9 SUBTEMA 1 MATERI TATA SURYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240048_ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38738.html

Abstract

Penelitian ini mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi sistem tata surya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, hasil belajar, dan respons siswa terhadap media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi sistem tata surya. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan pada kelas VI SD Negeri 2 Kepel tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil penilaian, uji kelayakan aspek media mencapai 97,64% dengan kategori sangat layak dan reliabilitas sebesar 97,72% dengan kategori sangat reliabel. Uji kelayakan aspek materi adalah 95,83% dengan kategori sangat layak dan reliabilitas sebesar 97,78% dengan kategori sangat reliabel. Hasil belajar menunjukkan bahwa secara individual sebanyak 36 siswa sudah tuntas, sementara 4 siswa belum tuntas, dan secara klasikal mencapai ketuntasan dengan persentase 90%. Rata-rata penilaian respons siswa terhadap media adalah 89,81% dengan kategori sangat menarik. Media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi sistem tata surya dinyatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRAHAYU, DEWI WIDIANANIDN1403954dewiwidiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, hasil belajar, respons, tata surya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:02
Last Modified: 09 Jul 2025 06:02
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11060

Actions (login required)

View Item View Item