ARIKAH, BASIQOTUL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK PADA MATERI PERUBAHAN KONDISI BUMI UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-SD-240053_ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan sarana penyampaian pesan dalam pelaksanaan pembelajaran. Media yang dijelaskan jika tepat mampu menghilangkan kebosanan sehingga peserta didik termotivasi dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan adalah media pembelajaran Fun Thinkers Book. Penelitian ini bertujuan untuk me i nghasilkan me i dia pe i mbe i lajaran yang layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam materi pe i rubahan kondisi las V. Metode penelitian menggunakan metode pengembangan dengan bumi ke i menggunakan model ADDIE (Analisis, Disain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, tes dan angket. Instrumen wawancara diperoleh dari hasil tanggapan guru dan siswa, sedangkan instrumen angket diperoleh dari validasi ahli media, ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan skor 91% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan hasil validasi dari ahli materi mendapat skor dengan presentase 80% yang termasuk dalam kategori layak. Kemudian hasil uji coba siswa di kelas menggunakan pre-test dan post-test yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dibuktikan dari hasil N-Gain yang menunjukkan kategori sedang. Dengan demikian bahwa media pembelajaran Fun Thinkers Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bapuh Bandung.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Fun Thinkers Book, Hasil belajar. | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 06:41 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 06:41 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11069 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |