ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN BACA DAN TULIS PADA SISWA KELAS II UPT SD NEGERI 227 GRESIK

JANNAH, HANA ROUDLOTUL (2024) ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN BACA DAN TULIS PADA SISWA KELAS II UPT SD NEGERI 227 GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240060_abstrak.pdf

Download (116kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38922.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat kemampuan baca dan tulis pada siswa kelas II UPT SD Negeri 227 Gresik. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan baca dan tulis pada siswa kelas II, untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui faktor penghambat kemampuan baca dan tulis siswa, serta mengetahui pengaruh pada kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam kemampuan baca dan tulis siswa. Metode ini dipilih karena fokus pada pemahaman mendalam melalui pengumpulan data non-angka seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek terdiri 5 siswa data diperoleh 2 siswa terbata – bata dan 3 siswa tidak bisa sama sekali. Hasil penelitian menunjukan faktor penghambat kemampuan baca dan tulis siswa paling besar berasal dari faktor internal yakni minat belajar pada dirinya sendiri, faktor eksternal juga memiliki pengaruh dalam keberhasilan baca dan tulis tetapi tidak terlalu besar. Kemampuan baca dan tulis siswa menjadi pengaruh pada kegiatan belajar mengajar yang menjadikan siswa terhambat.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUSANTO, RUDI UMARNIDN0715129101rudio@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: baca, tulis, faktor penghambat, kemampuan siswa
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:37
Last Modified: 09 Jul 2025 07:37
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11079

Actions (login required)

View Item View Item