ADOPSI INOVASI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI, INFORMASI, EDUKASI KESEHATAN (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @KLINIKPRATAMAUINSA)

PURWATI, NUR FATIHAH (2024) ADOPSI INOVASI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI, INFORMASI, EDUKASI KESEHATAN (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @KLINIKPRATAMAUINSA). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-KM-240024_ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38272.html

Abstract

Klinik Pratama UINSA mulai mengembangkan strategi KIE kesehatan sebagai respon terhadap perkembangan zaman digital dengan menggunakan media instagram sejak bulan September 2022 sampai sekarang. Setelah melalui proses analisis engagement dengan menggunakan keyhole.co, instagram @klinikpratamauinsa mengalami penurunan engagement yang signifikan. Penurunan ini menjadi faktor utama yang mempengaruhi efektivitas penggunaan Instagram sebagai media KIE. Penelitian bertujuan untuk menganalisis proses pengambilan keputusan adopsi inovasi pada akun instagram @klinikpratamauinsa sebagai media KIE kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan analisis tematik. Unit analisisnya adalah audiens Instagram Klinik Pratama UINSA, khususnya mahasiswa UINSA yang mengetahui akun @klinikpratamauinsa yang dipilih dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pengetahuan, informan mengetahui inovasi instagram@klinikpratamauinsa melalui faktor personal dan perilaku komunikasi. Pada tahap persuasi, meskipun sebagian besar faktor kompatibilitas dan keuntungan relatif terpenuhi, terdapat kekurangan dalam edukasi dan strategi konten. Pada tahap keputusan, kompatibilitas menjadi faktor utama informan untuk mengadopsi inovasi. Pada tahap implementasi, informan mengacu pada kompatibilitas, observability, dan keuntungan relatif. Pada tahap konfirmasi, adopter memutuskan untuk tetap mengadopsi inovasi karena menemukan kompatibilitas, sedangkan non-adopter akan mengadopsi jika mereka mendapatkan keuntungan relatif. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu informan menggunakan inovasi instagram @klinikpratamauinsa sebagai KIE kesehatan namun pada konteks edukasi kurang optimal karena kurangnya strategi konten yang digunakan. Saran untuk institusi antara lain menambah strategi perencanaan konten dengan melakukan riset materi konten pada audiens instagram untuk meningkatkan implementasi atau interaksi pada konten, terlebih pada konteks edukasi.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAFRIDAH, WIWIKNIDNwiwik@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Adopsi Inovasi, Instagram, Media KIE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Public Health
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:43
Last Modified: 14 Jul 2025 07:43
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11225

Actions (login required)

View Item View Item