DAMPAK KINERJA KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI MODERASI (STUDI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018-2022)

MUNAWAROH, ULFATUL (2024) DAMPAK KINERJA KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI MODERASI (STUDI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018-2022). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-AC-240043_abstract.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38764.html

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah konsep di mana perusahaan memperhatikan dampak sosial, lingkungan, dan ekonomi dari operasional bisnis mereka. Corporate Social Responsibility mencerminkan komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap semua pemangku kepentingan, termasuk pelanggan, karyawan, pemegang saham, dan masyarakat luas. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan dan energy yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2018-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 12 perusahaan atau 60 sampel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, MRA dan uji hipotesis menggunakan Statistic Package For Social Science (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, begitu pula dengan ROE yang juga berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sebaliknya, size tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Selanjutnya, CSR terbukti memoderasi pengaruh ROA terhadap nilai perusahaan, serta memoderasi pengaruh ROE terhadap nilai perusahaan. Namun, CSR tidak mampu memoderasi pengaruh size terhadap nilai perusahaan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya CSR dalam memperkuat hubungan antara kinerja keuangan dan nilai perusahaan, sementara size tidak dimoderasi oleh CSR dalam hubungannya dengan nilai perusahaan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMajidi, Lalu Muhammad SyahrilNIDN0728016501syahrilmjd@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: ROA, ROE, Size, CSR
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics and Business > Program Study of Accounting
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 15 Jul 2025 04:08
Last Modified: 15 Jul 2025 04:08
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11304

Actions (login required)

View Item View Item