HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK TUNAS JAYA SURABAYA

DIANA, SITI NOER (2024) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK TUNAS JAYA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-BD-240034_abstract.pdf

Download (775kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38294.html

Abstract

Perkembangan anak prasekolah di era terkini semakin menurun, menurunnya daya konsentrasi anak serta perkembangan emosional pada anak, Perkembangan emosional anak dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya faktor lingkungan keluarga yang dipengaruhi oleh pola asuh dan kebiasaan orang tua, pola asuh orang tua yang sering memberikan gadget kepada anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan anak prasekolah di TK Tunas Jaya Surabaya. Desain penelitian menggunakan analitik observasional dengan pendekatan cross sectional, Dari populasi 59 besar sample sejumlah 53 responden diambil dengan simple random sampling. Variabel penelitian Penggunaan Gadget dan Perkembangan Emosional. Instrumen berupa lembar kuesioner penggunaan gadget dan kuesioner (ASQ:SE-2). Proses pengolahan data dengan proses editing, scoring, coding, tabulating, processing dan cleaning. Analisa data menggunakan Uji Korelasi Spearman Sho dengan bantuan SPSS dengan nilai α=0,05 Hasil penelitian menunjukkan penggunaan gadget pada anak usia prasekolah sebagian besar (96%) tinggi. Sedangkan perkembangan emosional pada anak usia prasekolah sebagian besar (45.3%) refer. nilai p=0.000 yang menunjukkan terdapat hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan emosional pada anak prasekolah. Kesimpulan menunjukkan semakin tinggi durasi dan frekuensi penggunaan gadget pada anak maka semakin berdampak negatif pada perkembangan emosional anak usia prasekolah. Disarankan sebaiknya anak prasekolah menggunakan gadget tidak lebih dari 3x perhari dan tidak menggunakan gadget setiap hari supaya tidak berdampak negatif pada anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMunjidah, AnnifNIDN0704068501annifmunjidah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: penggunaan gadget, perkembangan emosional, anak prasekolah
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Midwifery Bachelor
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 25 Jul 2025 08:15
Last Modified: 25 Jul 2025 08:15
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11770

Actions (login required)

View Item View Item