HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN PAVILIUN BLUE 2 RUMAH SAKIT WIYUNG SEJAHTERA SURABAYA

TASRIFAH, TASRIFAH (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN PAVILIUN BLUE 2 RUMAH SAKIT WIYUNG SEJAHTERA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-KP-230013_ABSTRACT.pdf

Download (731kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-35043.html

Abstract

Puas atau tidaknya pasien terhadap pelayanan kesehatan merupakan indikator dan salah satu faktor penentu baik buruknya kualitas pelayanankeperawatan seperti perhatian Perawat, Penerimaan Perawat, Sikap Ramah,Komunikasi. Perawat harus mampu memberikan pelayanan keperawatan yangoptimal sesuai dengan standart pelayanan keperawatan yang telah ada. Tujuanpenelitian untuk mengetahui Hubungan Kualitas Pelayanan Perawat DenganKepuasan Pasien Paviliun Blue 2 Di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Desain penelitian analitik korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi sebesar 100 responden dan besar sampel sebesar 80 responden dengan teknik probability sampling. Variabel independen penelitian ini adalah pelayanan perawatrawat inap dan variabel dependen adalah kepuasan pasien. Instrument penelitian menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan uji Rank Spearman’s dengannilai kemaknaan α= 0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 80 responden dengan Pelayanan Baik sebanyak 52 respoden (65%) serta Kepuasan Pasien Puas sebanyak 67Responden (83,3%). Hasil uji statistik Rank-Spearman dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 didapatkan hasil ρ = 0,003 berarti ρ < α = 0,05 sehingga Hο ditolak danH1 diterima yang berarti ada Hubungan Kualitas Pelayanan Perawat TerhadapKepuasan Pasien Ruang Paviliun Blue 2 Di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Pelayanan perawat terhadap pasien yang ada di rumah sakit dengandilakukan dengan sangat baik maka kepuasan pasien akan memberikan apresiasikepada perawat dengan kepuasan yang sudah diberikan. Pelayanan yang sangatbaik sangatlah bermanfaat untuk kepuasan pasien. Agar menjadikan peningkatanmutu yang profesional dan berakhlak mulia.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetiawan, Arif HelmiNIDN0703037402arif@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: pelayanan perawat, kepuasan pasien.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:49
Last Modified: 28 Jul 2025 04:49
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11797

Actions (login required)

View Item View Item