SASONGKO, MONIKA (2012) STUDI MANAJEMEN NYERI PADA DYSMENORRHOEA DI SISWI SMP PRAJA MUKTI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
|
PDF
KT02363_abstract.pdf Download (270kB) | Preview |
Abstract
Wanita yang dysmenorrhoea mengalami rasa nyeri di perut bagian bawah sebelum dan selama haid. Nyeri pada dysmenorrhoea merupakan salah satu masalah yang mengganggu aktivitas wanita, namun ada beberapa cara untuk mengurangi nyeri pada dysmenorrhoea. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi manajemen nyeri pada dysmenorrhoea di SMP Praja Mukti Surabaya. Desain penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas 2 dengan besar sampel sebanyak 30 responden. Sampel yang digunakan adalah siswi yang mengalami dysmenorrhoea di SMP Praja Mukti Surabaya dan teknik pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah manajemen nyeri pada dysmenorrhoea. Pengumpulan data dengan kuesioner, data yang diperoleh diolah dengan editing, coding, tabulating, kemudian dianalisis dengan deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen nyeri pada dysmenorrhoea sebagian besar responden 53,3% memilih farmakologi dan hampir setengahnya responden 46,7% memilih nonfarmakologi. Simpulan dari penelitian ini adalah siswi SMP Praja Mukti Surabaya sebagian besar menggunakan metode farmakologi sebagai manajemen nyeri pada dysmenorrhoea. Untuk itu diharapkan petugas kesehatan dapat memberikan informasi pada wanita yang mengalami dysmenorrhoea agar dapat memilih manajemen nyeri yang tidak memiliki efek samping dan alami.
Item Type: | Undergraduate Thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen nyeri, dysmenorrhoea. |
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Midwifery |
Depositing User: | Mr. . Bagas |
Date Deposited: | 10 Sep 2018 12:30 |
Last Modified: | 10 Sep 2018 12:30 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/2828 |
Actions (login required)
View Item |