ASTRININGSIH, LISKA (2012) GAMBARAN PERAN IBU DALAM MENGONTROL MAKAN ANAK YANG MENUNJANG STATUS GIZI ANAK SEKOLAH KELAS 4 SD DI SDN I BULAK BANTENG LOR SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
|
PDF
KT02538_abstract.pdf Download (299kB) | Preview |
Abstract
Peran ibu sangatlah penting bagi usia anak sekolah, terutama terhadap status gizi mereka. Dapat diketahui ada 6 orang ibu yang hanya memberi uang saku pada anaknya dari pada meluangkan waktu untuk memberi bekal makanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran ibu dalam mengontrol makan anak yang menunjang status gizi anak sekolah kelas 4 SD di SDN I Bulak Banteng Lor Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif. Populasi seluruh ibu yang mempunyai anak kelas 4 SD di SDN Bulak Banteng Lor Surabaya sebesar 84 orang. Pengambilan sampel menggunakan acsidental sampling sebesar 69 responden. Variabel peran ibu dalam mengontrol makan anak yang menunjang status gizi anak. Pengumpulan data secara langsung dengan menggunakan kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan cara editing, scoring. coding, processing, cleaning, dan tabulasi data. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil dari penelitian didapatkan hampir setengahnya (28,9%) mempunyai peran baik, hampir setengahnya (31,8%) mempunyai peran cukup, dan hampir setengahnya (39,1%) mempunyai peran kurang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hampir setengah dari responden yang mempunyai peran kurang dalam mengontrol makan anak. Untuk itu menjadi bahan pertimbangan bagi sekolah untuk meningkatkan pemahaman peran ibu dalam mengontrol makan anak terhadap status gizi anak sekolah.
Item Type: | Undergraduate Thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran ibu, status gizi anak |
Subjects: | R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM216 Nutrition and diet therapy |
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Nursing |
Depositing User: | Mr. . Bagas |
Date Deposited: | 02 Nov 2018 02:50 |
Last Modified: | 02 Nov 2018 02:50 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3009 |
Actions (login required)
View Item |