PUTRI, RAHMADANIAR ADITYA
(2018)
PENGARUH DIABETES SELF MANAGEMENT EDUCATION DENGAN PENDEKATAN ISLAMI TERHADAP SELF EMPOWERMENT DAN QUALITY OF LIFE PADA PENDERITA DIABTES MELLITUS TIPE 2 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JAGIR SURABAYA.
Masters thesis, University of Nahdlatul Ulama Surabaya.
Abstract
Penderita Diabetes Mellitus harus mampu melakukan pengelolaan terhadap penyakitnya untuk mencegah komplikasi dengan memaksimalkan kemampuan yang ada dalam dirinya serta menerapkan nilai-nilai Islami dalam keseharian untuk menentukan pilihan yang terbaik sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup penderita dalam menjalani penyakitnya. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh Diabetes Self Management Education (DSME) dengan pendekatan Islami terhadap self empowerment dan quality of life.
Metode penelitian quasy experimen dengan pendekatan pre post test control group design. Variabel independen yaitu DSME dan variabel dependen yaitu self empowerment dan quality of life. Besar sampel 32 responden yang dibagi menjadi 16 kelompok intervensi dan 16 kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner DES (Diabetes Empowerment Scale) dan DQOL (Diabetes Quality Of Life). Uji statistik menggunakan uji manova dengan kemaknaan α < 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan self empowerment dan quality of life sesudah perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa perlakuan DSME dengan pendekatan islami secara bermakna mempengaruhi self empowerment dan quality of life dengan ρ value 0,003 dan 0,004.
Penerapan Diabetes Self Management Education dengan pendekatan islami berpengaruh terhadap self empowerment dan quality of life. Penderita diabetes mellitus lebih dapat memaksimalkan kemampuan yang ada dalam dirinya untuk dapat meningkatkan kualitas hidup.
Actions (login required)
|
View Item |