HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 11 SURABAYA

CHAQ, FAJRIN IQOMATUL (2018) HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 11 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-180024_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20710.html

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tidak semua guru memiliki kompetensi yang baik dalam mengajar terutama kompetensi sosial. Untuk dapat mencapai prestasi siswa yang baik pula seharusnya seorang guru memiliki kompetens- kompetensi yang baik pula. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah kompetensi sosial berhubungan dengan sikap demokratis siswa, bagaimana kompetensi sosial berhubungan dengan sikap demokratis siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kompetensi sosisl guru dengan sikap demokratis siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah 11 Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 45 guru dan 45 siswa dengan menggunakan teknik korelasi pearson product moment. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner (angket). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi yang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Berdasarkan analisis data terdapat hubungan yang signifikansi 401antara kompetensi sosial guru dengan sikap demokratis siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah 11 Surabaya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMachmudah, MachmudahNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Sosial, Demokratis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:10
Last Modified: 12 Apr 2023 06:34
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3676

Actions (login required)

View Item View Item