SUGIARTI, RETNO
(2018)
IMPLEMENTASI METODE DRILLING PADA KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS II DI SDN ANGGASWANGI II SUKODONO SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode drilling pada mata pelajaran menulis tegak bersambung pada siswa kelas II B di SDN Anggaswangi II Sukodono Sidoarjo tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Anggaswangi II Sukodono Sidoarjo.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Wawancara sebagai mana narasumbernya yakni guru dan murid kelas II b. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan proses pembelajaran menulis tegak bersambung siswa melalui metode drilling, dari obervasi juga mencatat untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang terjadi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran. Dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian tersebut benar-benar dilaksanakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Drilling dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa. Proses pembelajaran kemampuan menulis tegak bersambung siswa ditandai dengan meningkatnya semangat dalam menulis tegak bersambung, siswa dapat melatih diri dengan menggunakan metode latihan. Guru juga mendapatkan pengalaman baru setelah penerapan metode drilling. Peningkatan hasil kemampuan menulis siswa yang terjadi yakni (1) nilai rata-rata siswa pada tes yang pertama predikat SB(sangat baik) sebanyak 20% dari siswa 10 (2) nilai rata-rata pada tes kedua predikat SB(sangat baik) sebanyak 40% dari siswa 10.
Actions (login required)
|
View Item |