MUDJIATI, ENDANG
(2018)
MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TANYA JAWAB DENGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK ANAK USIA DINI DI PPT MELATI KELURAHAN DUKUH PAKIS KECAMATAN DUKUH PAKIS SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Ketrampilan berbicara merupakan hal yang perlu dikembangkan secara optimal dikarenakan keterlambatan berbicara tidak hanya mempengaruhi penyesuaian akademis dan pribadi anak pengaruh yang paling serius adalah terhadap kemampuan membaca pada awal anak masuk sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan proses belajar sebelum menggunakan metode tanya jawab dengan media flashcard dan setelah menggunakan metode tanya jawab dengan media flashcard di PPT “Melati” Kelurahan Dukuh Pakis Kecamatan Dukuh Pakis Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitan Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak usia 2-4 tahun di PPT “Melati” yang berjumlah 10 anak. Data dianalisis menggunakan teknik kuantitatif deskriptif dengan patokan standar keberhasilan ≥ 75%.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keberhasilan proses belajar sebelum menggunakan metode tanya jawab dengan media flashcard 41,67 dan nilai rata-rata setelah menggunakan metode tanya jawab dengan media flashcard
82,36, sehingga memperoleh peningkatan ketrampilan berbicara melalui metode tanya jawab dengan media flashcard sebanyak 40,69%.
Simpulan dari penelitian ini adalah ada peningkatan ketrampilan berbicara melalui metode tanya jawab dengan media flashcard untuk anak usia dini di PPT Melati Kelurahan Dukuh Pakis Kecamatan Dukuh Pakis Surabaya. Hasil
penelitian ini diharapkan melalui metode tanya jawab dengan media flashcard dapat digunakan sebagai alternatif untuk anak usia dini yang mengalami keterlambatan ketrampilan berbicara.
Actions (login required)
|
View Item |