UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP MEMBILANG MELALUI PERMAINAN BOLA PADA ANAK USIA DINI DI PPT PERMATA BUNDA KECAMATAN KENJERAN

HAYATI, NOOR (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP MEMBILANG MELALUI PERMAINAN BOLA PADA ANAK USIA DINI DI PPT PERMATA BUNDA KECAMATAN KENJERAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180055_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20936.html

Abstract

Salah satu aspek yang harus dikembangkan anak usia dini adalah aspek kognitif. Aktivitas berhitung, seperti mengurutkan bilangan atau membilang dan mengenal jumlah benda dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak. Peningkatan kemampuan mengenal konsep membilang dapat dicapai dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tahap perkembangan anak, yaitu permainan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep membilang pada anak kelompok B di PPT Permata Bunda Kecamatan Kenjeran melalui permainan bola. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk memecahkan masalah pembelajaran dengan mengggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yang meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok B PPT Permata Bunda Kecamatan Kenjeran dengan jumlah 20 anak. Metode Pengumpulan data menggunakan metode observasi. Checklist digunakan sebagai intrumen untuk mencatat perkembangan kemampuan anak dalam mengenal konsep membilang. Untuk menggambarkan hasil pengamatan, data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep membilang pada anak kelompok B di PPT Permata Bunda meningkat melalui permainan bola. Langkah-langkah yang telah ditempuh untuk mencapai hasil tersebut adalah mempersiapkan bola warna sebagai media pembelajaran dan permainan, lalu mendemonstrasikan cara bermainnya. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan pada fase pratindakan (46,81%), pada siklus I (60,83%), dan pada siklus II (84,58%). Kesimpulannya, kemampuan kognitif anak pada kelompok B di PPT Permata Bunda Kecamatan Kenjeran dapat ditingkatkan melalui permainan bola. Oleh karena itu, guru diharapkan untuk lebih kreatif dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak dengan menggunakan permainan yang menarik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMachmudah, MachmudahNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Thesis advisorMaimunah, SitiNIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan konsep membilang, permainan bola, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 19 Mar 2019 02:43
Last Modified: 10 Apr 2023 07:54
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3785

Actions (login required)

View Item View Item