NURULITA, AURELLIA AGNI
(2018)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI PEPELEGI 2 WARU SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA melalui penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Pepelegi 2 Waru Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen dan dengan desain One Group One Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pepelegi 2
Waru Sidoarjo.
Penelitian ini dilaksanakan satu pertemuan. Teknik pengumpulan data penggunaan pretest dan posttest. Validasi dicari melalui korelasi Product Moment kemudian koefisien reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan melihat Anova. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif Problem Based Learning terhadap hasil belajar yang telah mencapai presentase 87%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pepelegi 2 Waru Sidoarjo. Pembelajarannya yaitu menggunakan strategi pembentukan kelompok yang terdiri dari 6-7 orang , setelah itu berdiskusi, dan mengerjakan Lembar Kegiatan Siswa yang telah dibagikan oleh guru, kemudian tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kepada kelompok lain didepan kelas.
Actions (login required)
|
View Item |