MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA KARTU WARNA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT PERMATA BUNDA KELURAHAN BUBUTAN KECAMATAN BUBUTAN SURABAYA

RATNASARI, WIWIT (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA KARTU WARNA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT PERMATA BUNDA KELURAHAN BUBUTAN KECAMATAN BUBUTAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180012_abstract.pdf

Download (864kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20360.html

Abstract

Media kartu warna salah satu media pembelajaran visual yang berisikan gambar- gambar dimana ukuran pembuatannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media kartu warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun di PPT Permata Bunda Kelurahan Bubutan Kecamatan Bubutan Surabaya. Metode penelitian dilakukan dengan tindakan kelas.Subyek penelitiannya adalah anak didik kelompok BPPT Permata Bunda yang berjumlah 17 anak.Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan 64% ketuntasan belajar anak.Pada siklus II diperoleh 79% ketuntasan belajar anak.Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak melalui media kartu warna pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui media kartu warna dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSaleh, Nanang RokhmanNIDN0715117602nanang_kh.aslie@unusa.ac.id
Thesis advisorMaimunah, SitiNIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: meningkatkan kemampuan kognitif, media kartu warna
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 22 Mar 2019 03:25
Last Modified: 09 Dec 2021 04:28
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3971

Actions (login required)

View Item View Item