IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR KHADIJAH SURABAYA

ESMAEL, DARI ANSULAT (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR KHADIJAH SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190001_abstract.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-21809.html

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemerosotanmoral siswa ini terbukti dengan berbagai kasus seperti tindak kriminal dan kasus kejahatan pelajar, salah satu penyebabnya karena dalam proses pembelajaran para pendidik lebih mementingkan pada aspek kognitif (teori) dibandingkan dengan aspek Afektif (sikap/karakter). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya dan untuk menganalisis faktor-faktor pemnghambat dan pendukung dalam penerapan pendidikan karakter religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan sample sejak awal. Sampel pada penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru dan siswa. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data (data Collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (display), verifikasi dan kesimpulan (conclusiondrowing/veifiying). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan uji keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas data, dependabilitas, uji corfimabilitas dan Prolonged Engagement. Hasil penelitian yang berjudul implementasi pendidikan karakter religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya melalui metode pembisaan yang terdiri dari kegiatan religius yaitu mengucapkan salam dengan berjabat tangan (mencium tangan guru), berdoa sentral sebelum dan sesudah pembelajaran, sholat dhuha bersama, tartil Al-Qur'an kemudian melaksanakan sholat dhuhur berjama'ah dll. Dimana penerapan karakter religius ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu daktor-faktor pendukung dan faktor penghambat. Kegiatan - kegiatan pembiasaan yang diterapkan diketahui bahwa faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya adalah dukungan orang tua, dukungan seluruh guru sekolah dalam melaksanakan kebijakan sekolah terkait penanaman karakter religius, kerjasama antara guru/sekolah dan orang tua, fasilitas sekolah dan budaya sekolah seperti pelaksanaan ibadah secara berjama'ah. Faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya adalah lingkungan sekolah yang dalam satu kompleks dengan TK, SMP, dan SMA., kurangnya dukungan dari lingkungan masyarakat/lingkungan sekitar siswa, kurangnya kesadaran orang tua untuk mendukung siswa dalam menerapkan karakter religius di rumah, teman - teman siswa dan faktor guru.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNafiah, NafiahNIDN0723128403nefi_23@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kegiatan religius
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 16 May 2019 04:15
Last Modified: 12 Apr 2023 06:56
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/4673

Actions (login required)

View Item View Item