KHIKMAWATI, NURUL
(2019)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI RANTAI MAKANAN KELAS V-A SD AL-ISLAH SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA materi rantai makanan melalui penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament pada siswa kelas V-A SD Al-Islah Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Al- Islah Surabaya. Penelitian ini di dalam pembelajaran dilakukan dalam satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Untuk menentukan perangkat pembelajaran sudah sesuai penelitian dilakukan validasi oleh pakar kemudian dicari percentage of aggremant dari beberapa validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t-test yang akan digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament terhadap berpikir kreatif siswa diperoleh nilai correlation (nilai korelasi) sebesar 0.659 artinya memiliki hubungan kuat dan positif atau sangat berpengaruh terhadap berpikir kreatif siswa. Sedangkan untuk nilai correlation (nilai korelasi) hasil belajar (kognitif) siswa sebesar 0.756, artinya model pembelajaran Team Games Tournament memiliki hubungan kuat dan positif atau sangat berpengaruh terhadap hasil belajar (kognitif) siswa. Sehingga dari penelitian ini dapat diambil simpulan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament dapat berpengaruh terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar (kognitif) siswa.
Actions (login required)
|
View Item |