MANZIL, AYU NILNA LIIZZA DIANA
(2019)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI EKOSISTEM KEARIFAN LOKAL PADA KELAS V SD DI SD NEGERI PEPELEGI 2 WARU SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarn Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA materi ekosistem kearifan lokal terhadap berpikir kritis siswa pada kelas V SD di SD Negeri Pepeplegi 2
Waru Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest – Posttest. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Negeri Pepelegi
2 Waru Sidoarjo.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 sampai dengan bulan Februari 2019. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan observasi, angket dan tes yang berupa pretest dan posttest. Validasi pada penelitian ini adalah menggunakan validator pakar. Analisis data yang digunakan adalah uji statistic non parametric dengan analisis uji Wilcoxon Matched Pair. Karena data penelitian tidak berdistribusi normal dan tidak homogen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh terhadap berpikir kritis siswa pada kelas V SD Negeri Pepeplegi 2 Waru Sidoarjo dengan jumlah rata-rata 86,95 setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil tersebut diketahui melalui hasil output Test Statistics, yang menunjukkan Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0.000 < 0.05. maka hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima, yang artinya bahwa terdapat perbedaan pada nilai pretest - posttest dan terdapat pengaruh adanya penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap berpikir kritis siswa.
Actions (login required)
|
View Item |