PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS II SD KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA

AFIFAH, NUR (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS II SD KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190017_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22350.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan ular tangga terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan pre-experimental designs dengan bentuk One-Group Pretest- Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) motivasi belajar siswa sebelum diterapkan media permainan ular tangga sebesar 53,09% dengan kriteria kurang, (2) motivasi belajar siswa sesudah diterapkan media permainan ular tangga sebesar 75% dengan kriteria baik, (3) hasil pengolahan data dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai Asymp. Sig 0,000 < 0,05 maka dapat diyatakan bahwa H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media permainan ular tangga terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHartatik, SriNIDN0706118102titax@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media Permainan Ular Tangga, dan Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 10 Jul 2019 03:27
Last Modified: 02 Dec 2021 02:43
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5279

Actions (login required)

View Item View Item