PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK DAN SINTETIK (SAS)TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS SATU DI SEKOLAH DASAR KHADIJAH 3 SURABAYA

MULYA, DWI ARIFAH RACHMANA (2019) PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK DAN SINTETIK (SAS)TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS SATU DI SEKOLAH DASAR KHADIJAH 3 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190039_abstract.pdf

Download (667kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23815.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) terhadap peningkatan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas 1 di Sekolah Dasar Khadijah 3 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen One Group Pretest Posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I-C di SD Khadijah 3 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2018 sampai dengan bulan April 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes berupa Pretest dan Posttest. Validasi penelitian ini adalah validator pakar ahli dan menggunakan perhitungan SPSS. Analisis data yag digunakan adalah uji statistik non parametic dengan analisis uji wilcoxon matched pair, karena data berdistribusi normal dan tidak homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas I SD Khadijah 3 Surabaya dengan rata-rata 10,50 setelah diberi penerapan metode Struktural Analitik dan Sintatik (SAS). Hal tersebut diketahui melalui hasil output Test Statistic yang menunjukka Asymp.Sig (2.tailed) 0.000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 diterima, yag artinya ada perbedaan apada nilai pretest dan posttest, serta terdapat pengaruh metode Struktural Analitik dan Sintatik (SAS) terhadap peningkatan kemampua membaca dan menulis siswa kelas I.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNafiah, NafiahNIDN0723128403nefi_23@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca dan menulis, metode struktural analitik sintetik (SAS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 29 Aug 2019 06:55
Last Modified: 12 Apr 2023 07:23
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5439

Actions (login required)

View Item View Item