INDRATIE, LINA
(2019)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN BOWLING PADA ANAK USIA 3 - 4 TAHUN DI PPT TUNAS BANGSA KREMBANGAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemampuan dan keterampilan motorik kasar anak masih kurang mengena pembelajaranya juga masih kurang menarik dan metode pembelajaranaya juga kurang tepat sehingga untuk melempar bola kekeranajang pada anak usia 3-4 tahun tidak optimal. Untuk mengoptimalkan kualitas pembelajaran tersebut perlu dikembangkan media pembelajaran yang dapat menarik minat dan partisipasi anak didik serta dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar yang sesuai dengan tahapan perkembangannya. Adapun upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kemampuan motorik kasar adalah dengan menggunakan alat bantu permainan bowling.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar pada anak melalui bermain bowling dengan menggunakan metode bermain. Subjek penelitian pada anak usia 3-4 tahun berjumlah 20 anak di PPT Tunas Bangsa Kecamatan Krembangan Surabaya Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data ini meliputi lembar data pengamatanobservasi dan dokumen dari setiap siklus.
Akan Kondisi awal sebelum dilakukan tindakan anak yang mendapat kriteria sangat baik hanya berjumlah 0 Anak (0 %)dari jumlah keseluruhan anak setelah dilaksanakan tindakan pada Siklus I diperoleh hasil bahwa anak yang mendapat kreteria sangat baik mengalami peningkatan menjadi 7 anak ( 35%) dan kemudian pada siklus keII anak yang mendapatkan kreteria sangat baik meningkat 17 anak (85%)yang artinya telah mencapai indicator keberhasilan yang sudah ditentukan
Actions (login required)
|
View Item |