Saputri, Tiyas and Aquariza, Novi Rahmania and Azizah, Nurul Latifatul (2020) Keefektifan Penggunaan Gambar Flanel dalam Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Inklusi SD Yamastho Surabaya. Education And Human Development Journal (EHDJ), 5 (1). pp. 73-85. ISSN 2541-0156
PDF
Keefektifan Penggunaan Gambar Flanel dalam Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Inklusi SD Yamastho Surabaya.pdf Download (872kB) |
|
PDF
peer review tiyas saputri.pdf Download (943kB) |
|
PDF
peer review novi rahmania aquariza.pdf Download (898kB) |
|
PDF
turnitin tiyas saputri.pdf Download (3MB) |
|
PDF
turnitin novi rahmania aquariza.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penggunaan gambar flannel dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris pada siswa inklusi SD Yamastho Surabaya. Responden berjumlah 19 siswa SD berkebutuhan khusus. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada saat pelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan dua siklus. Metode penelitian yaitu PTK. Prosedur PTK yaitu Perencanaan-Aksi-Observasi-Refleksi. Datadiperoleh dengan menggunakan tes lisan untuk mendapatkan hasil pre-test dan post-test. Disamping itu, observasi kelas juga dilakukan oleh peneliti. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan gambar flanel dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris pada siswa inklusi SD Yamastho Surabaya efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa tersebut. Terbukti dari hasil perolehan nilai rerata dari 62,68 sebelum menggunakan metode menjadi 90,26 mengalami kenaikan setelah menggunakan metode pada siklus 1. Pada siklus 2, nilainya 59,47 menjadi 80,00 juga mengalami kenaikan. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar flanel terjadi peningkatan nilai hasil belajar kosakata bahasa Inggris siswa tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gambar Flannel; Kosakata; Efektif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of English Language Education |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 06:47 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 04:17 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6579 |
Actions (login required)
View Item |