NISA, MASNUNATUN
(2021)
STUDENTS MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH AT TA JUNIOR HIGH SCHOOL.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
. Nisa’, Masnunatun (2021) Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa di SMP TA
Surabaya. Tesis: Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Pembimbing: Nailul Authar, S.S., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis motivasi belajar bahasa
inggris siswa SMP TA Suraabaya dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi
belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif.
Informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa
inggris dan 10 siswa di SMP TA Surabaya. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Teknik analisis yang
diterapkan mengacu pada analisis induktif data model interaktif Miles dan
Huberman, yang meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan menarik
kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Motivasi intrinsik
yang dimiliki siswa SMP TA Surabaya adalah minat yang berasal dari diri mereka
sendiri, sedangkan motivasi ekstrinsik mereka adalah adanya pemberian nilai pada
tugas dan ulangan serta adanya remidi atau perbaikan nilai; (2) Faktor-faktor yang
mempengaruhi motivasi belajar bahasa inggris siswa di SMP TA Surabaya adalah
minat, kurangnya dukungan fasilitas yang diberikan oleh orang tua juga
mempengaruhi motivasi belajar bahasa inggris siswa, kecemasan dalam suasana
pembelajaran di kelas akan perilaku atau respon guru terhadap siswa juga sangat
mempengaruhi, dan teman-teman sepermainan di sekolah membawa pengaruh
negatif kepada siswa lain agar mengikuti tindakan yang dapat menurunkan
prestasi belajar.
Actions (login required)
|
View Item |