HERIYANI, SRI
(2021)
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE MENGGUNAKAN MEDIA BAHAN BEKAS DI PPT KUNCUP HARAPAN i GAYUNGAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Heriyani, Sri. 2021. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan
Meronce Menggunakan Media Bahan Bekas di PPT Kuncup Harapan I
Gayungan Surabaya. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing Pance Mariati,
S.Pd., M.Sn.
Keterampilan motorik halus adalah kemampuan mengelola keterampilan
tubuh, termasuk gerakan-gerakan yang mengontrol gerakan tubuh, gerakan halus,
dan gerakan kasar, serta menerima rangsangan sensorik (panca indera). Namun
dalam kenyataannya, keterampilan motorik halus anak belum berkembang pada
anak di PPT Kuncup Harapan I Gayungan Surabaya, sehingga perlu diteliti lebih
lanjut.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik
halus melalui kegiatan meronce. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data
dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan
adalah teknik persentase.
Hasil penelitian merupakan dari pra siklus kondisi peningkatan
keterampilan motorik halus 29,4%, anak masih mulai berkembang (MB). Pada
siklus I keberhasilannya mencapai 55,2% dan dinyatakan berkembang sesuai
harapan (BSH) melalui kegiatan meronce. Pada siklus II keberhasilannya
mencapai 99,1% dan dinyatakan berkembang sangat baik (BSB) melalui kegiatan
meronce menggunakan media bahan bekas dan berhasil dengan predikat “Baik
Sekali”.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan meronce dapat
meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 3-4 tahun di PPT Kuncup
Harapan I Gayungan Surabaya. Disarankan kepada guru agar dalam menggunakan
metode pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan sehingga tercipta
suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan.
Actions (login required)
|
View Item |