MAJIDAH, ZULFA
(2021)
GAMBARAN METODE BERMAIN SENSORI MOTOR DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI PPT BINTANG SAMBIKEREP SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Majidah, Zulfa. 2021. Gambaran Metode Bermain Sensori Motor
Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini
Di PPT Bintang Sambikerep Surabaya. Skripsi. Program
Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Nahdlatul Ulama Surabaya. Dosen Pembimbing Nanang
Rokhman Saleh,S.Ag.,M.Th.I
Dengan
bermain
anak
dapat
belajar
bersosialisasi,memperkaya bahasa,keterampilan dan lain -lain.
Bermain
akan
berpengaruh
penting
pada
kognisinya,afeksinya,bahkan
psikomotornya
apabila
dilakukan oleh anak usia 3-4tahun. Anak mempunyai
kemampuan lebih pada segi berfikirnya,kepribadian ketika
bermain, juga fisiknya melalui gerakan kasar dan halusnya.
Yaitu gerakan yang menggerakkan semua anggota tubuh atau
sensori motor. Metode Sensori Motor inilah yang digunakan
oleh para pendidik dan Peneliti untuk meningkatkan daya
konsentrasi anak di PPT Bintang Sambikerep Surabaya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode bermain
sensori motor dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak usia
dini.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Lapangan
Dengan Pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data dengan teknik
observasi dan dokumentasi..
Hasil kegiatan belajar mengajar, metode bermain sensori
motor yang diterapkan oleh guru PPT Bintang melalui kegiatan
mencuci tangan telah berjalan dengan baik sehingga mampu
meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan capaian rata-rata
82% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa metode
bermain sensori motor dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak
usia dini di PPT Bintang Sambikerep Surabaya. Disarankan kepada
guru untuk menemukan inovasi pembelajaran yang menarik,
kreatif dan menyenangkan.
Actions (login required)
|
View Item |