ZAFIKA, NUR
(2021)
HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PERKEMBANGAN BERBICARA ANAK DI TK MUSLIMAT PATARSELAMAT SANGKAPURA GRESIK.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Zafika, Nur. 2021. Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Perkembangan Berbicara
Anak di TK Muslimat Patarselamat Sangkapura Gresik. Skripsi. Program
Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Pola asuh adalah salah satu tolak ukur perkembangan anak, dimana anak akan
mendapatkan pola pendidikan yang terjalin baik di rumah maupun di sekolah. Pola asuh
sendiri sangat memiliki peran yang besar dalam tumbuh kembang anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola
asuh orang tua dengan perkembangan bicara anak. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitian studi hubungan observasi analitik.
Hasil penelitian dari analisis data pola asuh hasil output diperoleh nilai
signifikansi (0.002) < alpha (0.05), maka diputuskan tolak H0. Dengan tingkat
kepercayaan 95% telah cukup bukti untuk membuktikan bahwa variabel Pola Asuh
Orang Tua dan variabel Perkembangan Berbicara Anak TK Muslimat Patarselamat
Sangkapura di Gresik memiliki hubungan yang signifikan. Dengan persentase pola asuh
demokratis senilai 67%, pola asuh otoriter dengan nilai 21% dan pola asuh permisif
dengan persentase 12%.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah, terdapat korelasi antara pola asuh
orang tua dengan bicara anak, dengan pola asuh yang sesuai, maka perkembangan
bicara anak akan tinggi. Sangat disarankan untuk guru maupun orang tua untuk
memfasilitasi anak untuk belajar, mengajak anak untuk bersosialiasi dan juga
mengobrol akan semakin meningkatkan perkembangan bicara anak.
Actions (login required)
|
View Item |