CHOLISHOH, SITI NUR
(2021)
STRATEGI MENGENALKAN BENDA BENDA DI SEKITAR MELALUI PERMAINAN SEDOTAN BERVARIASI PADA ANAK KELOMPOK A DI RA BAITUL MUQORROBIN KECAMATAN GEDANGAN SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Siti Nur cholishoh,2021“Strategi Mengenal benda benda sekitar melalui
permainan sedotan bervariasi Pada Anak kelompok A di
RA Baitul Muqorrobin kecamatan Gedangan kabupaten
sidoarjo ”. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Dosen
pembimbing Berda Asmara, S.Pd., M.Pd.
Mengenal benda benda sekitar merupakan salah satu kompetensi Dasar
dalam kurikulum 13 yang tertuang dalam peraturan mentreri pendidikan dan
kebudayaan no.137 Tahun 2014,salah satunya aspek kognitif yang harus
berkembang dengan maksimal sehingga membutuhkan strategi agar dpt
memperbaiki pencapaian keberhasilan
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi mengenalkan
bend a bend a d i sekitar anak melalui permainan sedotan bervariasi pada
anak kelompok A di RA” Baitul Muqorrobin Gedangan Sidoarjo
menggunakan metode kualitatif Deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data
observasi ,wawncara dan dokumentasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar kelompok A
dapat mencapai perkembangan kognitif dengan strategi yaitu membuat
rancangan kegiatan harian sesuai indikator pencapaian kognitif dengan tema ,
alat dan bahan yang diperlukan dalam kegiatan, , serta dapat dibuktikan dari
analisis penilaian yang diproleh dari guru kelas kelompok A RA baituil
Muqorrobin kabupaten sidoarjo
Kesimpulan dari penilitian ini adalah strategi mengenal benda benda
sekitar melalui permainan sedotan bervariasi pada anak kelompok A di RA
baitul muqorrobin berhasil mencapai indikator perkembangan Kognitif dengan
sangat baik,adapun saran pada Guru kelas RA baitul Muqorobin hendaknya
terus mengembangkan inovasi pemmbelajaran dengan strategi yang lebih baik
lagi .
Actions (login required)
|
View Item |