SOLICHA, SOLICHA
(2021)
UPAYA PENINGKATAN PERCAYA DIRI MELALUI PERMAINAN ENGKLEK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT KUNCUP MELATI KECAMATAN SUKOLILO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Solicha, 2021. Upaya Peningkatan Percaya Diri Melalui Permainan Engklek
Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Kuncup Melati Kecamatan Sukolilo
Surabaya. Skripsi Program tudi S1 Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Pembimbing Destita Shari, S.Pd.,M.Pd.
Percaya diri adalah suatu faktor penting dalam dunia anak, tidak hanya
berpengaruh pada pencapaian prestasi tapi juga berperan besar terhadap
kemampuan anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana meningkatkan
rasa percaya diri pada anak usia 3-4 tahun di PPT Kuncup Melati Kecamatan
Sukolilo Surabaya melalui permainan engklek. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan
data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang
digunakan adalah teknik persentase. Hasil penelitian dari pra siklus didapatkan
hasil sebesar 25% dengan kriteria Belum Berkembang (BB). Pada siklus I
keberhasilannya sebesar 56,25% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan
(BSH). Pada Siklus II keberhasilannya mencapai 93,75% dengan kriteria
Berkembang Sangat Baik (BSB). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa
permainan engklek dapat meningkatkan percaya diri pada anak usia 3-4 tahun di
PPT Kuncup Melati Kecamatan Sukolilo Surabaya. Disarankan kepada guru
untuk memberikan kegiatan permainan yang menarik, kreatif dan menyenangkan
dan disesuaikan dengan lingkungan dan inovasi pembelajaran untuk menunjang
hasil pembelajaran yang lebih maksimal.
Actions (login required)
|
View Item |