NINGRUM, SHINTA YULIA
(2021)
EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK PADA USIA 4-5 TAHUN DI RA AL-FITRAH KECAMATAN KENJERAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Ningrum, Shinta Yulia, 2021. “Efektivitas Permainan Tradisional Congklak Dalam
Mengembangkan Kognitif Anak Pada Usia 4-5 Tahun Di RA. Al-Fithrah
Kecamatan Kenjeran Surabaya”. Program Studi Jurusan S1 Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Nahdlatul Ulama Surabaya.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan permainan tradisional congklak yang
belum sepenuhnya efektif untuk mengembangkan kognitif anak di RA. Al-Fithrah, Kecamatan
Kenjeran, Surabaya. Menghitung angka 1 sampai 10 dapat diterapkan dengan menggunakan
game ini untuk mengembangkan kognitif anak. Selain mengembangkan kognitif anak, juga
melatih ketangkasan, kejujuran, wawasan, dan kerjasama.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas permainan tradisional
congklak untuk mengembangkan kognitif anak melalui berhitung angka 1 sampai 10 di RA. AlFithrah,
Kecamatan
Kenjeran,
Surabaya.
Penelitian
kualitatif
ini
mengumpulkan
data
melalui
observasi,
wawancara,
dan
dokumentasi
yang
ditujukan
pada
anak
yang
berjumlah
14
anak
yang
terdiri
dari
8
laki-laki
dan
6
perempuan.
Data
dianalisis
untuk
menjelaskan
temuan
dan
menarik
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional congklak efektif untuk
mengembangkan kognitif anak yang dibuktikan dengan tercapainya indikator menghitung
angka 1 sampai 10 yang menggambarkan perkembangan kognitif anak-anak tersebut melalui
permainan tradisional congklak di RA. Al-Fithrah, Kecamatan Kenjeran, Surabaya
Kesimpulannya, permainan tradisional congklak yang dilakukan di RA. Al-Fithrah,
Kecamatan Kenjeran, Surabaya sudah efektif. Oleh karena itu, diharapkan guru, lembaga, dan
peneliti selanjutnya dapat mendukung perkembangan kognitif anak melalui permainan
tradisional congklak.
Actions (login required)
|
View Item |