DEHIBA, MARA
(2021)
PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN PADA MASA PANDEMI DI TK ROCHMATULLOH KALIJATEN TAMAN SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
ABSTRAK
Dehiba, Mara. 2021. Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan
Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Pandemi Di TK
Rochmatulloh Kalijaten Taman Sidoarjo. Skripsi. Program Studi S1
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Di masa Pandemi seperti ini peran orang tua sangat penting dalam
membantu perkembangan sosial emosional anak. Perkembangan emosional anak
dapat dilakukan sejak dini dengan cara bimbingan dan arahan melalui pembiasaan
yang baik. Kondisi inilah, yang menjadi dasar utama pengembangan perilaku
emosional mengarahkan pribadi anak yang sesuai dengan nilai-nilai yang dijunjung
tinggi dalam kehidupan bermasyarakat
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran orang tua
terhadap perkembangan emosional anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survey.
Populasi dan sampel penelitian ini 25 orang tua yang memiliki anak usia 4-5 tahun
di TK Rochmatulloh Kalijaten Taman Sidoarjo. Peneliti menggunakan teknik
sampling observasi dan dokumentasi. Untuk pengumpulan data responden, peneliti
menggunakan kuesioner kepada orang tua yang memiliki anka usia 4-5 tahun.
Sedangkan untuk analis data, peneliti menggunakan teknik analisis menggunakan
uji regresi liner sederhana.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis nilai koefisien sebesar 0,349,
Sedangkan untuk uji berdasarkan tabel uji diperoleh nilai siginifikasi 0,002 lebih
kecil dari taraf signifikasi 5% Setiap peningkatan peran orang tua sebesar satu poin,
maka akan meningkatkan perkembangan emosional anak sebesar 0,513 poin. Oleh
karena itu dapat disimpulkan bahwa peran orang tua berpengaruh nyata terhadap
perkembangan emosional anak.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah, peran orang tua memiliki
pengaruh yang sangat besar terhadap pembentukan karakter sosial emosi anak.
Orang tua sebagai pembimbing harus memperhatikan aspek-aspek yang dapat
mengembangkan proses pembentukan anak dengan kepribadian dan emosional
yang baik.
Adapun saran yang dapat peneliti berikan sebagai referensi untuk penelitian
berikutnya, yaitu antara lain sebagai berikut: (1) Untuk penelitian selanjutnya,
diharapkan menambah wawasan baru dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain
untuk meneliti perkembangan emosional anak usia 4-5. (2)Peneliti menyarankan
bagi sekolah ataupun guru untuk lebih memperhatikan perkembangan emosional
anak usia 4-5 tahun, dengan memberikan pengertian dan juga lebih menghargai
emosi anak. (3) Orang tua sangat berperan besar dalam perkembangan emosional
anak dikarenakan banyak orang tua yang kurang menghargai anak dan
menyepelekan anak. Penelitian ini dibuat dengan harapan bahwa orang tua bisa
lebih menghargai dan mengerti perasaan sang anak.
Actions (login required)
|
View Item |