WAHYUNI, RIMA SRI
(2021)
PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ANJANG-ANJANGAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DI TK MEKARSARI KECAMATAN DUKUH PAKIS SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Rima Sri Wahyuni,. 2021. Pengaruh Permainan Tradisional Anjang-Anjangan
Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di TK Mekar Sari
Surabaya Skripsi.Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini. Fakultas Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul
Ulama Surabaya.
Hakekatnya dunia pendidikan ini menyiapkan anak didiknya agar mampu
memecahkan problem kehidupan, sehingga pada umumnya keberhasilan suatu
pendidikan tidak terlepas dari berbagai faktor misalnya : perhatian, tanggapan,
penguasaan, karakter individual orang tua dalam membimbing anak dan prestasi
siswa dalam mengikuti pelajaran di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh atau hubungan antara
permainan anjang-anjangan terhadap kecerdasan interpersonal siswa dengan
menggunakan metode angket dan lembar observasi rubrik pada saat belajar daring.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode angket untuk mengetahui
pengaruh permainan anjang-anjangan. Sedangkan lembar observasi rubrik untuk
mengetahui seberapa besar kecerdasan interpersonal siswa pada saat belajar daring,
Penulis mengambil sampel dalam penelitian ini yaitu sejumlah 25 siswa.
Dilihat dari masalah yang dikemukakan oleh penulis dalam menganalisis data
penulis menghitung hasil angket yang diberikan kepada 25 responden dengan hasil
rata-rata 38.36 dibulatkan menjadi 38 maka dikategorikan pengaruh permainan
anjang-anjangan adalah “baik”.
Berdasarkan latar belakang dan hasil dari lembar observasi rubrik penelitian
tentang pengaruh permainan anjang-anjangan terhadap kecerdasan interpersonal
siswa penulis memperoleh hasil 27,12 dibulatkan menjadi 27 sehingga jika
diprosentase adalah 96,86 dibulatkan menjadi 97% maka dikategorikan “berkembang
sangat baik”.
Actions (login required)
|
View Item |