SUGIARTI, FEBRIANI DWI
(2021)
PENGARUH METODE BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS IV SDN CELEP SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
metode belended learning terhadap kemampuan literasi membaca siswa
kelas IV SDN Celep. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif. Metode penelitian ini adalah korelasi. Teknik pengambilan
sampel menggunakan sampel jenuh, dimana jumlah populasi juga
merupakan jumlah sampel pada penelitian. Teknik pengumpulan data,
penulis menggunakan pre-test dan post-test serta dokumentasi berupa
hasil pengujian soal pre-test dan post-test. Teknik analisis yang
digunakan adalah uji paired sample t-test. Uji prasyarat analisis berupa
uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis dan uji prasyarat analisis
menggunakan program komputer SPSS versi 22. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari penerapan
metode blended learning terhadap kemampuan literasi membaca siswa
kelas IV SDN Celep Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi
0,246>0,05.
Actions (login required)
|
View Item |