LESTARI, DIAH AYU
(2021)
PENERAPAN METODE BERMAIN DADU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B DI RA IMADUDDIN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Diah Ayu Lestari. 2021. Penerapan Metode Bermain Dadu Kata Bergambar
Terhadap kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok B Di RA Imaduddin
Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Pembimbing : M. Shodiq S.Pd.,M.M.
Perkembangan membaca sangat penting diperkenalkan pada anak sejak dini, karena
masa kanak-kanak adalah usia yang paling tepat untuk meningkatkan bahasa. Pada
periode anak usia dini berada pada tahap pertumbuhan dan perkembangan yang
pesat, baik fisik maupun mental. Perkembangan bahasa sangat berperan aktif dan
berpengaruh terhadap pembawaan diri setiap anak, pendidik juga berperan aktif
dalam melatih kemampuan bahasa setiap anak dengan menanamkan sifat percaya
diri dalam membaca cerita, dan menyanyi. Kemampuan bahasa berperan penting
karena di dalam bahasa terdapat empat keterampilan yaitu menyimak, berbicara,
membaca dan menulis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bermain
dadu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak
kelompok B di RA Imaduddin Surabaya. Metode penelitian kualitatif deskriptif.
Subjek penelitiannya anak didik kelompok B dengan jumlah 21 anak. Teknik
analisis data menggunakan pengumpulan data berdasarkan Observasi, Wawancara,
dan Dokumentasi. Adapun uji keabsahan data yang dapat dilaksanakan dengan
triangulasi sumber, data dan waktu. Penelitian ini dilakukan secara daring atau
school from home karena dalam situasi pandemi covid-19.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca dengan penerapan
metode bermain dadu kata bergambar pada anak kelompok B di RA Imaduddin
Surabaya berkembang secara optimal. Terbukti dari hasil penelitian yang diperoleh,
dalam indikator membaca dadu kata bergambar, menggunakan media bermain dadu
kata bergambar dan menyebutkan gambar dan huruf dalam dadu kata bergambar
selama pembelajaran daring, anak mampu dan perkembangan kemampuan
membaca anak dapat meningkat.
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak
dapat dikembangkan dengan melakukan penerapan metode bermain dadu kata
bergambar. Saran bagi guru bisa lebih kreatif dalam meningkatkan kemampuan
membaca, kepala sekolah dapat memberikan pemahaman kepada guru, penelitian
ini juga dapat digunakan sebagai acuan bagi peneliti lain untuk penelitian
selanjutnya. Peran sebagai orangtua diharapkan agar dapat mendampingi anak
selama pembelajaran dirumah khususnya saat pembelajaran menggunakan HP
dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini.
Actions (login required)
|
View Item |