HS, NADA RONA AMIROH KHOZIN
(2020)
AN ANALYSIS OF TENSES USED IN FINDING NEMO MOVIE SCRIPT: THE RELEVANCE TO 2013 CURRICULUM FOR TEACHING TENSES TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
HS, Nada Rona Amiroh Khozin. 2020. Analisis Penggunaan Tenses dalam Skrip
Film Finding Nemo: Relevansi dengan Kurikulum 2013 untuk Mengajar
Tenses kepada Murid SMP. Skripsi. S1 Pendidikan Bahasa Inggris.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama
Surabaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tenses yang digunakan dalam skrip
film Finding Nemo dan relevansinya dengan kurikulum 2013 untuk pembelajaran
tenses pada siswa SMP. Kurikulum 2013 digunakan sebagai pedoman standar untuk
menentukan kesesuaian kalimat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
deskriptif dengan menggunakan teknik analisis isi untuk menganalisis data. Sumber
data didokumentasikan dari skrip film dan kurikulum 2013 Bahasa Inggris. Hasil
penelitian disajikan dalam bentuk kalimat yang dianalisis dan diklasifikasikan ke
dalam enam jenis tenses. Keenam tenses tersebut sesuai dengan kurikulum 2013,
yaitu Simple Present Tense, Simple Past Tense, Present Continuous Tense, Past
Continuous Tense, Present Perfect Tense, dan Present Future Tense. Hasil
penelitian menunjukkan adanya frekuensi tenses yang tinggi pada kalimat dengan
jumlah keseluruhan adalah 96%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa skrip film
Finding Nemo dapat digunakan sebagai materi pendukung oleh guru Bahasa Inggris
untuk mengajarkan tenses pada siswa SMP, khususnya Simple Present Tense
sebagai tense paling banyak ditemukan pada film tersebut.
Actions (login required)
|
View Item |