KUSUMAWATI, INDAH
(2020)
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN HIV/AIDS PADA REMAJA MELALUI MEDIA GAME ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG STIGMA ODHA DI SIDOARJO.
Other thesis, University of Nahdlatul Ulama Surabaya.
Abstract
Stigma dan diskriminasi pada ODHA merupakan kesenjangan terbesar
dalam upaya pencegahan penularan HIV/AIDS. Salah satu upaya yang dapat
dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan tentang stigma ODHA yaitu dengan
memberikan pendidikan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan HIV/AIDS pada remaja melalui
media game ular tangga terhadap pengetahuan tentang stigma ODHA.
Desain dalam penelitian ini quasy eksperimen dengan pendekatan pre test
and post test nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII Mts Ma’arif Ketegan Tanggulangin Sidoarjo sebanyak 66 siswa
yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu 33 kelompok eksperimen dan 33
kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random
sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pendidikan kesehatan
HIV/AIDS pada remaja melalui media game ular tangga sedangkan variabel
dependen yaitu pengetahuan tentang stigma ODHA. Instrument pengumpulan data
menggunakan kuesioner pre and post test. Data dianalisis menggunakan uji
Wilcoxon Signed Rank dan Mann Whitney dengan tingkat kemaknaan α = 0,05
Hasil uji beda post-test kelompok ekperimen dan kontrol menggunakan uji
Mann Whitney didapatkan nilai ρ = 0,000 dengan tingkat kemaknaan α = 0,05
yang berarti ada pengaruh pendidikan kesehatan HIV/AIDS pada remaja melalui
media game ular tangga terhadap pengetahuan tentang stigma ODHA di Sidoarjo.
Simpulan dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh pendidikan
kesehatan HIV/AIDS pada remaja melalui media game ular tangga terhadap
pengetahuan tentang stigma pada ODHA di Sidoarjo.
Actions (login required)
|
View Item |