SHOLIKHAH, ZAKIYYATUS
(2020)
HUBUNGAN PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI, SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perawatan di rumah sakit akan berguna jika dilanjutkan dengan perawatan
di rumah, sehingga pelaksanaan discharge planning perlu dilaksanakan secara
optimal dalam intervensi keperawatan. Pelaksanaan discharge planning belum
sepenuhnya dilakukan oleh perawat, yang mengakibatkan masih adanya
ketidakpuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan
pelaksanaan discharge planning dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawa
Inap Azzahra 1 Rumah Sakit Islam Jemursari, Surabaya.
Desain penelitian menggunakan analitik observasional dengan pendekatan
cross sectional. Populasi dalam penelitian ini semua pasien yang akan pulang di
Ruang Rawat Inap Azzahra 1 Rumah Sakit Islam Jemursari, Surabaya sebesar 43
dengan besar sampel 39 responden. Pengambilan sampel menggunakan
Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Variabe
independent adalah pelaksanaan discharge planning, variabel dependen adalah
tingkat kepuasan pasien. Instrument pada kedua variabel menggunakan kuesioner
Analisis data menggunakan uji statistik Man Whitney dengan α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruhnya (82,1%) responden
menyatakan pelaksanaan discharge planning dalam kategori baik dan sebagian
besar (66,7%) responden menyatakan puas. Hasil uji statistik Man Whitney
didapatkan hasil ρ=0,001 < α (0,05), maka H0 ditolak artinya ada hubungan antara
pelaksanaan discharge planning dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawa
inap Rumah Sakit Islam Jemursari, Surabaya.
Simpulan pada penelitian ini adalah semakin baik persepsi responden
terhadap pelaksanaan discharge planning maka semakin tinggi tingkat kepuasan
responden. Perawat hendaknya dapat mengoptimalkan perannya dalam proses
pelaksanaan discharge planning khususnya pada pemenuhan kebutuhan dasa
serta penjelasan detail tentang lingkungan, aktivitas, dan makanan untuk
meningkatkan beberapa aspek yang dinilai tidak puas oleh responden.
Actions (login required)
|
View Item |