PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MATERI GAYA DI SD LABSCHOOL UNESA LIDAH WETAN SURABAYA

MAULIDYAH, ELOK (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MATERI GAYA DI SD LABSCHOOL UNESA LIDAH WETAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200025_abstract.pdf

Download (877kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27069.html

Abstract

Maulidyah, Elok. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Materi Gaya di SD Labschool Unesa Lidah Wetan Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing: Dr. Muhammad Thamrin Hidayat., M.Kes. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya melalui penggunaan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas IV SD Labschool Unesa Lidah Wetan Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan jenis desain PreEksperimental model One-Group Pretest Posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal Pretest dan Posttest. Untuk menentukan perangkat pembelajaran sudah sesuai penelitian dilakukan validasi pakar kemudian dicari percentage of aggrement. Teknik analisis data yang digunakan adalah Shapiro-Wilk untuk mencari normalitas data, One Way Anova untuk mencari homogenitas data, uji statistik non parametrik berupa wilcoxon matched pairs untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian berupa Posttest yang dihitung dengan SPSS menunjukkan output “Test Statistics” Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, Muhammad ThamrinNIDN8858510016thamrin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Berpikir Kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:50
Last Modified: 25 Jan 2022 06:50
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8190

Actions (login required)

View Item View Item