MAULIDYAH, ELOK
(2020)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MATERI GAYA DI SD LABSCHOOL UNESA LIDAH WETAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Maulidyah, Elok. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning
terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran IPA Kelas
IV Materi Gaya di SD Labschool Unesa Lidah Wetan Surabaya. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul
Ulama Surabaya. Pembimbing: Dr. Muhammad Thamrin Hidayat.,
M.Kes.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada mata
pelajaran IPA materi gaya melalui penggunaan model pembelajaran Project Based
Learning pada siswa kelas IV SD Labschool Unesa Lidah Wetan Surabaya. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan jenis desain PreEksperimental
model One-Group Pretest Posttest. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan satu kali pertemuan. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes berupa soal Pretest dan Posttest. Untuk
menentukan perangkat pembelajaran sudah sesuai penelitian dilakukan validasi
pakar kemudian dicari percentage of aggrement. Teknik analisis data yang
digunakan adalah Shapiro-Wilk untuk mencari normalitas data, One Way Anova
untuk mencari homogenitas data, uji statistik non parametrik berupa wilcoxon
matched pairs untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based
Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian berupa
Posttest yang dihitung dengan SPSS menunjukkan output “Test Statistics”
Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa
hipotesis 1 (H1) diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Project
Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Actions (login required)
|
View Item |