SAFITRI, NIA
(2020)
PROFIL KETERAMPILAN MENGGAMBAR IMAJINATIF DUA DIMENSI MATERI OBJEK LINGKUNGAN SEKITAR BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Safitri nia. 2020. Profil Keterampilan Menggambar Imajinatif
Dua Dimensi Materi Objek Lingkungan Sekitar Berdasarkan Gaya Belajar
Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing:Sri Hartatik,
S.Si.,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan
menggambar imajinatif berdasarkan gaya belajar siswa sekolah dasar. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IIA
SDN Jemur Wonosari 1/417 Surabaya yang berjumlah 3 siswa dengan
dikategorikan berdasarkan gaya belajar. Instrumen yang digunakan untuk
megumpulkan data berupa check list gaya belajar, dokumentasi dan wawancara.
Berdasarkan hasil menggambar imajinatif menunjukan: (1) Subjek kinestetik
cukup mampu menggambar imajinatif dengan menggunakan unsur garis dan
warna. Namun dalam mengintepretasikan ide maupun kreativitasnya dalam
gambar dua dimensi masih belum realistis. Subjek kinestetik cenderung
menggunakan garis lengkung dan warna primer yaitu warna kuning pada gambar.
(2) Subjek visual mampu menggambar imajinatif dua dimensi dengan baik.
Subjek visual pada gambarnya sudah mampu menggunakan lebih banyak unsur
garis. Subjek visual juga sudah mampu memproyeksikan obyek tiga dimensi ke
dalam bentuk gambar dua dimensi. Subjek visual terlihat lebih banyak
menggunakan warna dalam menggambar. Warna yang dominan digunakan oleh
subjek visual yaitu warna primer. (3) Subjek auditorial mampu menggambar
imajinatif dua dimensi. Subjek auditorial memiliki persamaan dengan subjek
visual yaitu dalam menggambar selalu menggunakan bantuan penggaris. Garis
yang digunakan oleh subjek auditorial juga sama seperti subjek visual yaitu
dominan menggunakan garis lurus. Subjek auditorial menggunakan banyak warna
dalam menggambar yaitu menggunakan warna primer, sekunder, tersier dan netral
namun warna pada gambar terlihat seimbang dan tidak ada yang tampak dominan.
Terdapat kesamaan antara subjek kinestetik dengan subjek auditorial yaitu pada
gambarnya selalu memunculkan warna netral. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah sesuai dengan salah satu ciri-ciri gaya belajar visual, yaitu rapi, teratur,
teliti dan mementingkan keindahan tampilan, hasil profil keterampilan
menggambar imajinatif dua dimensi subjek visual lebih kompleks dalam
penggunaan unsur garis dan warna dibandingkan dengan hasil gambar subjek
kinestetik dan auditorial.
Actions (login required)
|
View Item |