FAHMAWATI, NURUL
(2020)
META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAPHASIL BELAJAR MATEMATIKA SD.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh model
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar
matematika SD. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini merupakan
metode meta analisis. Penelitian ini diawali dengan merumuskan topik penelitian,
lalu dari topik penelitian tersebut dikembangkan lagi menjadi rumusan masalah
penelitian, dan pada tahap akhir yaitu menelusuri artikel yang relevan guna
pengumpulan data. Data yang diperoleh dengan cara menelurusui jurnal artikel
online yang diperoleh sebanyak 10 artikel yang sudah terindex dalam Google
Scholar, dan bersetifikat Sinta dengan kata kunci pencarian “Numbered Head
Together (NHT)”, “hasil belajar matematika”, dan “pembelajaran matematika
SD”. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan Uji Paired Sample T-Test
menunjukkan nilai sig. 0.000 < 0.05 yang artinya H1 diterima dan dapat dikatakan
model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) ini berpengaruh positif
terhadap hasil belajar matematika siswa SD.
Actions (login required)
|
View Item |