ULA, NURUL
(2020)
META-ANALISIS PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Siswa yang memiliki minat bgelajar tingi merupakan impian setiap pendidik, tetapi dalam
proses belajar mengajar pendidik juga harus mampu memberikan pengajaran dengan baik
dan menyenangkan, sehingga siswa tidak mengalami kebosanan. Para pendidik harus
mempersiapkan dorongan ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung, seperti
penggunaan media visual. Artikel ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui meta-analisis
pengaruh media visual terhadap minat belajar siswa SD pada pembelajaran matematika.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian meta-analisis, kemudian pada teknik
pengumpulan data menggunakan dokumen tertulis dan populasi yang berasal dari buku,
jurnal dan artikel. Kemudian sampel yang digunakan adalah purposive sampling ditentukan
sesuai pembahasan artikel ini, sebanyak 20 artikel. Selanjutnya data dianalisis menggunakan
prosentase diagram, tabel dan dianalisis secara kualitatif. Hasil artikel ini menunjukkan
bahwa 1. Media proyeksi diam banyak digunakan dan berpengaruh terhadap minat belajar
siswa pada pembelajar matematika, dengan prosentase sebesar 60%. 2. Subjek siswa SD
banyak dijadikan penelitian, dengan 16 subjek siswa SD dalam 20 artikel. 3. Metode yang
banyak digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah 8 data kuantitatif. 4. Dan analisis data
yang banyak digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan prosentase 40,0. 5. Hasil ratarata
sebelum
diberikan
media
visual
59,34
dan
meningkat
15,4
kemudian
hasil
akhir
menjadi
74,7.
Actions (login required)
|
View Item |